jump to navigation

Mari dahulukan mereka yang lebih berhak Desember 5, 2009

Posted by mazista in Buat segalanya menjadi lebih baik.
comments closed

Idul Adha alias lebaran haji baru saja berlalu. Pastilah banyak daging hewan qurban dibagikan. Dihari itu mereka yang mampu berbagi pada saudara saudara kita yang tidak mampu. Dari tahun ke tahun selalu saja antrian mereka yang berharap kebagian daging qurban itu bisa kita temui.
Sayangnya antrian itu dalam beberapa tahun terakhir banyak diikuti dengan kekacauan. Mungkin antrian yang panjang membuat mereka tidak sabar atau mungkin takut tidak kebagian hingga kekacauan itu terjadi. Diantara mereka ada yang terinjak injak bahkan terpaksa dirawat dirumah sakit.

“TAKUT TIDAK KEBAGIAN” poin pertama yang menarik perhatian saya.

Saya pernah lihat disebuah perumahan kelas menengah dimana hewan qurban disembelih yang dagingnya kemudian dibagikan pada seluruh warga disana. Warga disana mengadakan pesta sate tahunan dengan menggunakan daging kurban tersebut.

Ironis karena justru didepan perumahan terdapat mereka yang menurut saya lebih berhak tapi mereka tidak kebagian. Mereka itu adalah para tukang becak yang mangkal didepan perumahan tersebut.

“PESTA SATE TAHUNAN” poin kedua ini juga menarik.

Dari kedua poin tersebut saya pikir mari kita dahulukan mereka yang lebih berhak untuk mendapatkan daging qurban hingga mereka tidak perlu TAKUT TIDAK KEBAGIAN dengan menghentikan acara PESTA SATE TAHUNAN kita agar saudara kita yang hidup jauh lebih susah dibanding kita bisa merasakan bahwa saudaranya yang punya kehidupan lebih baik tetap peduli pada mereka. Saya percaya kita yang sudah biasa menggunakan internet sekarang ini tidak susah untuk menikmati daging sate dikeseharian kita.
Mari kita pindahkan PESTA SATE TAHUNAN kita kepada mereka yang lebih berhak agar mereka tahu bahwa kita peduli pada saudara kita yang kekurangan.

Kalo itu terjadi tentunya lebaran haji selanjutnya akan menjadi lebih baik dengan tidak adanya antrian yang berubah menjadi kekacauan.

Iklan

Satu tujuan……(yang baiklah tentunya) Oktober 27, 2009

Posted by mazista in Buat segalanya menjadi lebih baik.
comments closed

LombaPerayaaan 17 Agustus lalu berlangsung cukup meriah di lingkungan tempat tinggalku. Mulai dari lomba lomba, panggung malam 17 dan acara selametan 17 Agustus (Acara selametan kayak gini setahuku adanya hanya ada ditanah Jawa aja loh….). Hari acara lomba itupun tiba diawali acara jalan sehat dimana warga secara bersama sama berjalan mengitari jalan jalan dilingkungan kami. Setelah itu lomba lainnya di mulai ada makan krupuk, mindahin ikan dan lainnya yang bikin semua lupa waktu.
Aku dapat pelajaran berharga hari itu. Saat lomba anak anak mindahin bendera segera dimulai. Seingatku ada 5 anak saat itu yang bersiap mengikuti lomba. Mereka berjajar disisi botol kosong bersiap berlari ke sisi lainnya menuju botol yang berisi beberapa bendera kecil yang mesti dipindahkan satu persatu ke botol kosong yang sekarang ada disisi mereka. “Satu……Dua……Tigaaaa”, panitia lomba memberi tanda dimulainya lomba. Wuuuussshhhh….. anak anak berlarian untuk mengambil bendera satu persatu. Semua anak berhasil mengambil satu bendera kecil dan berbalik arah menuju botol kosong. Tapi…..eeiit.  eiite….eiiittt .saat semua lagi bersorak dan memperhatikan anak anak yang berlari menuju botol kosong. Tiba tiba ada anak kecil (usia sekitar 2 tahun) masuk arena lomba menuju salah satu botol  dan mengambil semua bendera botol tersebut. Sesaat kemudian diapun masuk lagi kekerumunan penonton. Sudah pasti saat sang peserta lomba sudah datang kembali untuk mengambil bendera kedua maka anak itupun kebingungan karena tidak menemukan bendera kecil yang mustinya dia ambil. Dia menoleh ke penonton seolah minta petunjuk tapi tampaknya semua lebih memperhatikan anak lain yang sedang berlari diposisi terdepan. Tampaknya panitia pun ngak tahu apa yang terjadi dengannya hingga lomba selesai dan anak itupun harus menerima kekalahannya.Semua memang tampaknya kurang dipersiapkan dengan baik tapi secara keseluruhan semua kegiatan berjalan lancar hingga seluruh acara selesai. Segala kekurangan bisa dimaklumi bersama mengingat tujuannya yang tentu saja baik sekali yaitu memperingati hari kemerdekaan. Semoga tahun depan segalanya lebih baik.
Hhhmmmm…..baru ingat waktu itu masih hangat hangatnya KPU menyatakan SBY menang yang diprotes oleh beberapa peserta lainnya. Peserta pilpres lainnya menyatakan adanya kecurangan kecurangan dan juga KPU yang tidak siap. Wah rame deh jadinya. Katanya demokrasi emang gitu. Isinya rame melulu. Tentu saja kekurangan kekurangan yang terjadi harus diperbaiki agar tidak terjadi lagi. Ada pertanyaan yang muncul setelah melihat yang terjadi pada lomba mindahin bendera dan pilpres.

“Apa bisa ya….?”

“Apa bisa kita semua memaklumi kekurangan kekurangan yang ada, menyikapinya dengan arif dan  tanpa emosi….?”  Semua pasti tahu bahwa semua peserta pilpres adalah orang orang yang punya tujuan sama yaitu membangun negeri ini agar lebih baik. Jadi siapapun yang menang, Indonesia akan mereka usahakan menjadi lebih baik.

Nulis lagi aahhh………. Oktober 26, 2009

Posted by mazista in Buat segalanya menjadi lebih baik.
comments closed

anakbacaSudah cukup lama ngak nulis apa apa dengan sejuta alasan, ngak ada ide, sibuk jadi ngak punya waktu, inilah itulah padahal yang terjadi adalah bingung karena orang lain bisa menulis dengan baik sedangkan saya tidak. Belajar. HHmmm kata itulah yang terlintas kemudian hingga keasyikan baca baca blog mereka mereka yang bisa bikin ketagihan bacanya. Saya paling suka baca blog blog tentang keseharian seseorang, mereka coba berbagi dari apa yang mereka temukan sehari hari hingga saya bisa tahu dan belajar banyak hal dari mereka.Dari blog blog yang suka baca, menurut saya mereka adalah penulis penulis yang charming jadi saya lebih tertarik pada pribadi pribadinya dulu hingga tanpa disadari saya selalu menunggu tulisan mereka untuk belajar dari apa yang mereka alami dan rasakan. Sampai suatu hari saya sadar, bahwa saya belum menulis apa apa agar orang lain bisa belajar hal apa saja dari yang saya tulis. Jadi saya selama ini hanya belajar sendirian tanpa membantu orang lain belajar. Ok lah saya mulai nulis semoga segalanya menjadi lebih baik. Amin…………

Memiliki tapi tidak pernah menikmatinya September 8, 2008

Posted by mazista in Buat segalanya menjadi lebih baik.
comments closed

Beberapa waktu lalu saya sempat diving bersama istri di kawasan pulau dewata Bali. Berada di air buat saya seperti memasuki dunia lain. Ketika berenang dengan santai rasanya rilek sekali. Sungguh sesuatu yang sangat saya perlukan mengingat pekerjaan yang saya geluti cukup memberi presure yang lumayan. Masuk ke dalam air dan terus menuju ke bagian terumbu karang dimana banyak sekali terdapat ikan yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Amazing, it was so beutiful. Setelah melihat dan mengabadikan banyak ikan dengan kamera digital saya pun naik ke permukaan. Suasananya pun segera terasa berganti tapi saya tahu disinilah tempat saya bisa bernafas tanpa tabung oksigen. Saya ingat beberapa berita yang saya baca menyebutkan bahwa banyak terjadi kerusakan terumbu karang yang dilakukan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab. Dibeberapa daerah kerusakan juga disebabkan oleh penggunaan bom ikan oleh para nelayan. Akh sayang sekali biota laut seperti itu suatu saat akan hilang karena kita tidak menjaganya. Muncul pertanyaan dibenak saya,”Seberapa banyak masyarakat kita yang peduli terhadap kelangsungan terumbu karang itu..?” Rasanya sedikit sekali karena dari mereka yang diving saya lihat kebanyakan orang asing. Mungkin hanya 5% atau kurang adalah orang Indonesia termasuk saya dan istri. Beginilah rasanya tak kenal maka tak sayang. Masalahnya untuk diving hingga bisa merasakan menyatu dengan kehidupan bawah laut ini diperlukan biaya yang tidak sedikit karena itulah banyak masyarakat kita tidak tahu bagaimana indahnya pemandangan bawah laut kita. Saya mengerti karena sebagian besar masyarakat kita tidak pernah tahu keindahan dari kehidupan bawah laut yang ada maka mereka pun tidak peduli dengan kelangsungan kehidupan bawah laut ini. Walau begitu saya agak lega ketika mengetahui ada kelompok kecil yang mencoba melestarikan kindahan bawah laut dengan cara menanam terumbu karang. Cara mereka cukup menarik karena anda bisa berpartisipasi dan nama anda akan terukir pada metal yang dikaitkan pada terumbu karang. Semoga banyak teman teman yang mau ikut berpartisipasi melestarikan kehidupan dan keindahan bawah laut meski mereka tidak pernah melakukan diving.